Cara Mengatasi Smartphone Android Asus Lemot

cara mengatasi smartphone android asus lemot


Kali ini kita akan membahas cara mengatasi smartphone android ASUS lemot. Smartphone sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan, dari pedagang asongan sampai juragan, dari anak kecil sampai orang dewasa. Bahkan sampai ada yang bilang gak bisa hidup tanpa smartphone. Namun banyak diantaranya, hanya sebatas menggunakannya saja tanpa memperhatikan perawatan pada smartphone tersebut, sehingga menimbulkan masalah dikemudian hari.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone adalah smartphone tersebut menjadi lemot. Untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai penyebab smartphone menjadi lemot, khusus kali ini yang kita bahas adalah penyebab Asus Zenfone yang lemot serta cara mengatasinya. Berikut caranya :

Melakukan Booster RAM

Yang pertama adalah melakukan boost Ram, karena sudah terinstal secara default kita tinggal pakai saja. Kalau belum tahu letaknya, gulir layar bagian atas kebawah maka kalian akan menemukan Booster Ram. Nah hal ini juga dapat mengurangi efek lemotnya zenfone kalian, karena dengan booster tersebut dapat meminimalkan jumlah pemakaian ram.

Instal Aplikasi Seperlunya Saja

Kebanyakan menginstall aplikasi juga dapat membuat smartphone Asus kalian lemot, karena menginstal banyak aplikasi berarti juga membutuhkan ruang penyimpanan yang banyak. Nah jika ruang yang penyimpanan yang tersedia hanya sedikit, otomatis kinerja Asus kalian tidak akan berjalan secara optimal.


Hindari Pengunaan Aplikasi Secara Bersamaan

Membuka banyak aplikasi dapat membuat kinerja amartphone lemot, karena banyaknya penggunaan ram dalam menjalankan aplikasi tersebut. Akibatnya sering terjadi asalah multitasking yang membuat Hp Asus kalian lemot. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan dan dalam waktu yang lama, apalagi aplikasi online, juga dapat membuat smartphone kita cepat panas. Jadi harap perhatikan aplikasi yang digunakan, dan menutup aplikasi yang tidak diperlukan.


Kurangi Memasang Widget

Memasang widget pada smartphone secara berlebihan, tanpa disadari ini adalah salah satu faktor penyebab lemotnya handphone tersebut. Nah sebaiknya bagi para pengguna Asus agar memasang widget seperlunya saja, karena hal ini dapat meringankan kinerja dari ram handphone tersebut, apalagi bila smartphone Andaya memiliki kapasitas ram yang sedikit.

Menggunakan Aplikasi Dalam Bentuk Animasi

Memang benar, menggunakan wallpaper bergerak lebih terlihat keren dan bagus, namun hal ini dapat membuat kinerja smartphone menjadi lemot. Karena dengan wallpaper animasi tersebut, ram yang dibutuhkan akan membengkak dan mengurangi kapasitas ram, yang ujung - ujungnya kinerja smartphone bakalan lemot.

Gunakan Browser Untuk Membuka Sosial Media

Bagi kalian yang suka berkutat dengan sosial media, seperti facebook, twitter, instagram, google plus atau lainnya gunakanlah browser saja, jangan menggunakan aplikasi dari masing-masing sosial media tersebut. Karena dengan menggunakan browser kita sudah dapat membuka banyak situs sosial media, yang dapat menghemat penggunaan ram smartphone. Tetapi beda halnya jika kita, menggunakan aplikasi yang hanya membuka satu akun sosial media. Bayangkan jika Anda membuka beberapa akun sosial media yang Anda miliki, maka akan banyak pula aikasi yang akan digunakan. Nah inilah yang menyebabkan smartphone Asus maupun smartphone lainnya menjadi lemot, karena banyaknya ram yang digunakan.


Restart HP

Langkah terakhir untuk mengembalikan kinerja dari smartphone Asus adalah dengan mengembalikan kesetelan pabrik atau restart ulang. Karena dengan merestart smartphone tersebut, kapasitas ram yang digunakan akan pulih kembali. Jika ram sudah pulih, maka otomastis kinerjanya tidak akan lemot karena ram smartphone belum digunakan. Tetapi efeknya semua aplikasi yang sudah terinstal akan hilang semua, kecuali aplikasi bawaan dari pabrik. Untuk itu sebelum melakukan restart lebih baik Anda mencadangkan semua data terlebih dahulu. Dengan begitu Anda dapat mengembalikan data-data tersebut. Dan ingat, pasang kembali data ataupun aplikasi yang memang dibutuhkan saja, supaya kinerja smartphone Anda tetap prima.

Anda juga dapat menginstal aplikasi pembersih ram, misalnya Clean Master (untuk beberapa type Asus Zenfone sudah terpasang secara default), Seeder, Greenefy Hibernasi atau yang lainnya.
Nah dengan aplikasi tersebut Anda dapat meminimalkan terjadinya lemot pada smartphone Asus, karena dengan aplikasi tersebut kita dapat membersihkan semua sampah pada smartphone sehingga menghemat penggunaan ram.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi lemot pada handphone asus, namun cara tersebut dapat digunakan pada smartphone lainnya.
Semoga bermanfaat.

Related Posts