Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster

cara memperbaiki kesalahan perayapan google webmaster

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster. Seperti telah diketahui bersama bahwa Google Webmaster Tools merupakan alat komunikasi para blogger dengan google. Apabila website tidak terhubung dengan webmaster maka website tidak sepenuhnya terindex oleh google. Berbagai fitur yang ada di dalam Webmaster berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah situs, baik untuk versi desktop maupun mobile.

Pemilik situs biasanya selalu memperbaiki segala kesalahan yang terdapat di dalam Webmaster, supaya websitenya dapat menduduki peringkat pertama dalam mesin pencarian google. Banyak sekali kesalahan yang perlu diperbaiki, seperti kesalahan perayapan, data terstruktur, duplikat konten, kebergunaan seluler, sumber daya yang diblokir, penargetan internasional dan lainnya.

Berbagai kesalahan tersebut jika tidak segera di perbaiki dapat berakibat fatal untuk website Anda, contohnya seperti sebagian konten artikel tidak dirayapi oleh google, bahkan website anda bisa hilang dalam mesin pencarian google. Makanya, jika menemukan kesalahan didalam Webmaster segera diperbaiki.

Banyak faktor penyebab terjadinya kesalahan perayapan antara lain karena link rusak, ada link artikel yang belum di masukan ambil sebagai google, artikel yang telah di hapus namun link di Webmaster belum dihapus dan sebagainya. Jika anda saat ini mengalami kesalahan perayapan tidak ditemukan maka segeralah perbaiki kesalahan tersebut.

Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan Google Webmaster

1. Masuk ke akun Webmaster https://www.google.com/webmasters/tools pilih alamat blog yang ingin diperbaiki (jika memiliki lebih dari satu blog).

2. Klik menu Perayapan => Kesalahan perayapan, kemudian klik pada kotak 'Soft 404' atau 'Tidak ditemukan' tergantung kesalahannya terdapat dimana. Bila keduanya terdapat kesalahan maka keduanya harus dipeebaiki. lihat gambar dibawah :

gambar

3. Klik salah satu url yang ada untuk memunculkan link url-nya, pada contoh gambar diatas terdapat terdapat 3 url kesalahan tidak ditemukan (paling bawah)

4. Copy link url tersebut kemudian klik menu Google Index => klik Hapus URL

gambar

5. Kemudian Klik Sembunyikan sementara, kemudian pastekan url yang sudah Anda copy sebelumnya, kemudian klik => Terus

6. Kemudian pilih Jenis Permintaan 'Sembunyikan laman dari hasil penelusuran dan hapus dari cache untuk sementara' kemudian klik => Kirim Permintaan

gambar
Catatan :
Setelah anda klik kirim permintaan maka status dari penghapusan URL masih 'tertunda' namun, setelah google merayapi ulang situs Anda maka statusnya akan berubah menjadi 'dihapus'.

7. Ulangi langkah yang sama untuk semua url yang error.

Jika telah melakukan semua cara di atas maka langkah selanjutnya silakan Anda kembali ke 'Kesalahan Perayapan' kemudian klik link yang tidak ditemukan dan klik 'Tandai sebagai telah di perbaiki' => kemudian klik 'Oke', dan ingat ulangi semua langkah diatas untuk semua link kesalahan perayapan satu per satu.
Lihat gambar dibawah :

gambar
gambar
Silakan cek kembali kesalahan perayapan pada webmaster keesokan harinya apa masih ada kesalahan lagi atau tidak, perbaiki kalau memang ada. Usahakan Anda sering mengecek kesalahan tersebut karena baik untuk kesehatan blog kita.

Demikian artikel tentang Cara Memperbaiki Kesalahan Pada Webmaster, Semoga bermanfaat.

Related Posts