Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit yang mulus dan bebas kilap. Namun sayangnya, hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan. Apalagi jika memiliki jenis kulit berminyak. Bagaimana cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat?

Kulit Berminyak

Kulit berminyak sebenarnya juga dapat memberikan beberapa manfaat. Seperti dapat menjaga kesehatan kulit dan menjauhkan dari penuaan dini. Namun jika berlebihan, minyak di wajah justru dapat membuat wajah terlihat kusam dan memicu timbulnya jerawat.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat yang bisa kamu lakukan.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Pilih Pembersih Wajah yang Tepat

Memilih pembersih wajah yang benar bisa membantu mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Pilih pembersih wajah dengan kandungan beta-hydroxy-acid, salicylic acid, benzoyl peroxide, atau glycolic acid. Jika tidak ingin minyak di wajah semakin meningkat, maka pemilihan pembersih wajah dengan bahan yang tepat merupakan hal yang penting.

Penggunaan toner sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. Karena dapat berisiko meningkatkan iritasi, minyak berlebih, atau bahkan kulit menjadi sangat kering dan meninggalkan bercak kering di wajah. Kalaupun Anda ingin menggunakan toner, gunakan hanya pada bagian yang sangat berminyak dan aplikasikan dengan gerakan yang lembut. Perlu diingat, penggunaan terlalu banyak perawatan wajah pada kulit berminyak justru bisa memperparah kondisi wajah.

2. Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Kulit berminyak juga membutuhkan pelembab. Karena itu wajah tetap memerlukan pelembab agar terjaga kesehatannya. Pilih pelembab yang bebas dari minyak atau pelembab yang berbahan dasar air, dan mengandung dimethicone. Hindari penggunaan pelembab berbahan petroleum gel karena dapat meningkatkan produksi minyak di wajah.

Apapun kondisi wajahmu, penggunaan tabir surya merupakan hal yang penting untuk melindungi wajah dari sinar ultraviolet. Pilih tabir surya dengan SPF kutang dari 30. Penggunaan tabir surya yang lebih dari 30 SPF bisa meningkatkan produksi minyak berlebih pada wajah.

3. Rawatlah Wajah dengan Masker Wajah Berbahan Alami

Ada beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Misalnya, oatmeal. Penggunaan oatmeal sebagai masker wajah dapat membantu menyerap minyak berlebih, mengatasi iritasi kulit, bahkan dapat mengangkat sel kulit mati.

Untuk menggunakan oatmeal sebagai masker wajah, kamu bisa mencampur oatmeal dengan sedikit air panas hingga menjadi bubur kental, lalu campurkan dengan sedikit madu. Setelah tercampur dengan baik, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Selain oatmeal, bahan lain yang bisa kamu gunakan adalah madu, jeruk lemon, putih telur, lidah buaya, tomat, dan almond.

Dengan rajin merawat wajah menggunakan masker wajah berbahan alami terbukti ampuh membantu mengatasi kulit berminyak.

4. Gunakan Kertas Penyerap Minyak atau Blotting Paper

Kertas penyerap minyak ini umumnya bisa kamu temukan di toko kosmetik atau apotek. Kertas penyerap minyak memberikan kemudahan untuk mengatasi minyak berlebih di wajah dengan cepat. Cara penggunaan yang tepat adalah dengan menekan pelan-pelan pada bagian wajah yang berminyak (seperti hidung, dagu, dan kening) selama kurang lebih 15 detik.

5. Atasi Kulit Berminyak dari Dalam Tubuh

Selain mengatasinya dengan melakukan perawatan pada wajah, mengatur pola makan juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih diwajah. Namun tidak semua makanan yang mengandung minyak dapat memicu minyak berlebih dan jerawat pada kulit. Misalnya, jenis minyak seperti minyak ikan justru dibutuhkan tubuh untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat dengan Mudah

Dalam hal ini, makanan yang justru perlu dihindari adalah makanan yang digoreng, makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, berlemak, produk olahan karbohidrat dan produk-produk olahan susu.

Memiliki kulit berminyak bagi kebanyakan orang bisa sangat menyebalkan. Tapi jangan mengeluh dan putus asa. Dengan melakukan perawatan kulit yang rajin dan benar, serta menjaga pola makan dengan teratur, dengan tidak mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi minyak, masalah kulit berminyak dapat diatasi.

Semoga tips Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat diatas dapat bermanfaat.
Sumber: Biangcara.com

Related Posts