Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools

cara mendaftar di webmaster

Bila anda baru saja membuat blog, sebaiknya blog tersebut segera didaftarkan di Google Webmaster Tools. Karena dengan anda mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools, biasanya akan mempercepat sebuah blog terindeks oleh search Google. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai cara mendaftarkan blog di Google Webmaster Tools.

Google mempunyai mesin perayapan web yang disebut dengan Googlebot. Google saat ini menjadi search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi di dunia maya. Dengan mendaftarkan blog anda di Google Webmaster Tools, kemungkinan blog akan dirayapi dan terindeks oleh Google lebih cepat. Dimana, Google Webmaster Tools adalah sebuah alat yang disediakan oleh Google secara gratis untuk membantu anda mengelola dan mengontrol blog atau website anda.

Sejatinya, kebanyakan mesin perayap akan tetap menjelajahi dan mengindeks situs anda  tanpa mendaftarkannya pada tools-tools yang disediakan, baik dari Google maupun Bing. Namun biasanya akan memakan waktu yang cukup relatif lama untuk dapat terindeks.

Selain untuk mempercepat pengindeksian, dengan mendaftarkan blog anda di Google Webmaster, juga berguna untuk memberitahu Google bahwa anda benar-benar pemilik blog atau website tersebut.

Kita juga bisa mengontrol situs dari ancaman keamanan, mengetahui kesalahan perayapan, melihat statistik perayapan lalu lintas blog dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Yang jelas kita bisa mengoptimalkan kinerja blog dengan fitur dan pengaturan yang terdapat di Google Webmaster Tools.

Dengan banyaknya keuntungan yang akan didapatkan sangatlah disarankan untuk mendaftarkan blog anda di Google Webmaster Tools yang punya nama lain Google Search Console. Bagi yang belum tahu cara mendaftar, saya akan mencoba memberikan tutorial cara mendaftarkan blog di Google Webmaster Tools.

Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster
Tools (Google Search Console)

1. Silahkan masuk ke https://www.google.com/webmasters/tools Setelah itu anda akan disuguhi halaman seperti gambar di bawah,

cara daftar webmaster

2. Terdapat 2 buah kolom, untuk kolom sebelah kiri terdapat 2 pilihan yaitu : Situs Web dan Aplikasi Android. Pilih saja "Situs Web".
Untuk kolom satunya, silahkan isi dengan alamat blog anda.
3. Setelah itu tekan tombol "Tambahkan Properti".
4. Kemudian akan masuk pada halaman verifikasi kepemilikan situs. Anda dapat menverifikasi situs dengan "Metode yang Disarankan" yaitu dengan mengunggah kode HTML dalam blog anda dengan cara yang ditunjukkan. Kemudian tekan tombol "Verifikasi".
5. Apabila verifikasi berhasil, maka anda telah sukses mendaftarkan blog di Google Webmaster Tools.
6. Bila dengan cara ini mengalami kesulitan anda dapat menverifikasi dengan metode yang lain, dengan menekan tombol "Metode Alternatif". Lihat gambar,

cara daftar webmaster

7. Ada beberapa pilihan, dan anda dapat memilih salah satu dari pilihan tersebut. Misalnya memilih "Tag HTML". Kemudian akan tampil halaman yang berisi kode meta tag.

8. Salin kode tersebut dan terapkan pada template blog anda dibawah kode <head>. Dengan cara,
Masuk ke dashboard blogger, arahkan ke tema, kemudian pilih "edit HTML", cari kode  <head> dalam kode HTML template anda, dan letakkan kode yang telah disalin tadi tepat di bawah kode <head>.

9. Selanjutnya klik simpan pada template anda.
10. Kemudian kembali lagi ke halaman verifikasi Google Webmaster Tools kemudian pilih tombol "Verifikasi". Lihat gambar,

cara daftar webmaster

11. Selesai, blog anda sudah terdaftar di Google Webmaster.

Anda bisa menverifikasi lebih dari satu metode, dan itu lebih baik karena lebih meyakinkan Google bahwa anda memang benar-benar sebagai pemilik blog tersebut.

Demikian tutorial singkat mengenai Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Follow by Email