Cara Instal WordPress di cPanel

Cara Instal WordPress di cPanel

Cara instal WordPress di cPanel sangatlah mudah untuk dilakukan. Menginstal WordPress bisa dilakukan dengan cara manual ataupun menggunakan tool bernama Softaculous. Hampir semua penyedia layanan hosting telah menyediakan fitur Softaculous di dalam cPanel. Kelebihan menggunakan tool ini adalah lebih gampang dan cepat dalam menginstal WordPress daripada menggunakan cara manual.

Berikut Tutorial Cara Install WordPress di cPanel

Sebelum menginstal WordPress di cPanel, Anda harus memiliki domain dan hosting sendiri, bila belum silahkan beli domain dan hosting pada provider yang Anda percaya. Sehingga nantinya Anda punya akses masuk ke cPanel dari penyedia layanan tersebut.

Berikut langkah-langkah cara install WordPress di cPanel:
1. Silahkan login ke cPanel kemudian pilih menu berlogo WordPress.

2. Kemudian klik tombol Install Now.

3. Pada bagian Software Setup, Anda akan melihat tiga kolom yang bisa Anda pilih untuk menentukan website mana yang ingin Anda instal dengan WordPress.

Cara Instal WordPress di cPanel

Choose Protocol – Jika Anda sudah menginstal SSL di domain, silakan pilih https:// atau https://www.
Choose Domain – Silahkan pilih nama domain yang ingin Anda instal dengan WordPress.
In Directory – Tujuan direktori yang akan diinstal WordPress, kosongkan saja seperti yang terlihat pada gambar di atas.

4. Pada bagian Site Settings, Anda dapat mengisi nama blog pada kolom Site Name dan deskripsi blog pada kolom Site Description.


5. Di bagian Admin Account, terdapat kolom untuk mengisi username dan password yang nantinya digunakan untuk login ke dashboard admin WordPress. Silakan isi Admin Email dengan alamat email aktif yang dapat Anda gunakan ketika lupa password.

6. Tentukan bahasa yang tampil pada dashboard WordPress pada bagian Choose Language.

7. Biarkan bagian Advance Options dan Select Theme secara default, kemudian klik tombol Install untuk memulai proses instalasi.

8. Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat pesan bahwa instalasi telah sukses.

9. Login ke dashboard WordPress dapat Anda lakukan dengan mengakses URL http://namadomainanda.com/wp-admin. Gunakan username dan password yang sesuai dengan apa yang Anda buat sebelumnya ketika melakukan instalasi.

Selanjutnya Anda dapat mengganti template dan menginstal plugin sesuai keperluan website Anda. Anda juga dapat langsung membuat postingan artikel maupun merancang tampilan website.

Baca juga: Cara Menulis Artikel yang SEO

Demikian tutorial singkat cara instal WordPress di cPanel menggunakan Softaculous, yang mana lebih cepat dibandingkan dengan cara manual.
Sumber: biangcara.com

Related Posts